Tingkatkan Peran Kepemudaan, Pemuda LDII Ikuti Studi Banding KNPI Kota Kediri ke Bali

Kediri (26/08). Pemuda Lembaga Dakwah Islam Indonesia (Pemuda LDII) Kota Kediri mengikuti kegiatan studi banding Dewan Pengurus Daerah Komite Pemuda Nasional Indonesia (DPD KNPI) Kota Kediri ke DPD KNPI Kabupaten Badung Provinsi Bali pada hari Jumat (26/8/2022).

Kegiatan ini bertujuan, sebagai upaya meningkatkan peranan pemuda dalam inovasi program kerja khususnya di bidang pariwisata dan kepemudaan.

Suwoto, Sekretaris KNPI Kota Kediri menjelaskan bahwa kunjungan silaturahim ke Provinsi Bali sebagai upaya meningkatkan peranan organisasi kepemudaan khususnya di sektor wisata.

Maka DPD KNPI Kabupaten Badung dipilih sebagai tujuan studi banding, acara tersebut diikuti sebanyak 55 pengurus KNPI , PK KNPI dan OKP se Kota Kediri.

”Kita punya keinginan bahwa pemuda di Kota Kediri bisa menghidupkan potensi pariwisata, sehingga menjadi hasil yang bisa dibawa pulang dalam kunjungan ini,” jelasnya.

Aktivis yang akrab disapa Woto itu menerangkan, KNPI Kota Kediri juga memberikan cindera mata khas Kediri yaitu sambal pecel untuk mempromosikan produk kuliner ke warga Bali dan mengajak masyarakat melestarikan lingkungan dengan memberikan beberapa bibit pohon ficus atau karet kebo.

”Alasan kami berikan pohon tersebut, karena Cagar Alam di Desa Manggis dan Besowo Kabupaten Kediri kini menjadi sebagai pusat ficus nasional,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dengan diberikan tanaman jenis karet kebo ini kepada pengurus DPD KNPI kabupaten Badung kelak bisa tumbuh dan berkembang, serta bisa dilihat kelak jika sewaktu-waktu dapat berkunjung ke Bali lagi.

Setelah terjalinnya komunikasi dan silaturahim antara KNPI Kota Kediri dan KNPI Kabupaten Badung yang bertempat di Kantor Bupati Badung, upaya tindak lanjut akan segera dilakukan khususnya di sektor wisata dan keorganisasian.

”Setelah kegiatan ini, kami akan menjalin hubungan yang semakin akrab lagi, dimana ini sebagai pertemuan awal ini, lalu dilanjutkan penguatan program guna membangun bangsa yang lebih indah dan semakin baik lagi,” tutupnya.

Sementara itu, I Made Tommy Wartana Putra, Ketua DPD KNPI Kabupaten Badung, ia menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi kunjungan DPD KNPI Kota Kediri ke DPD KNPI Kabupaten Badung untuk silaturahmi dan diskusi.

KNPI Kabupaten Badung juga mengapresiasi upaya ini sebagai stimulus atau motivasi bagi pengurusnya untuk berorganisasi. Dalam pertemuan tersebut, terdapat diskusi dan fokus pada potensi wisata, sesuai dengan rencana Pemerintah Daerah masing-masing.

”Untuk sektor pendapatan anggaran daerah (PAD) Kediri. Barangkali potensinya belum seperti di Badung yang condong ke ranah pariwisata dan begitu sebaliknya. Untuk itu ke depan kami akan menyusun agenda kunjungan balik, untuk bertukar informasi dan diskusi pergerakan DPD KNPI Kota Kediri,” tutupnya.

Asyhari, Ketua Pemuda LDII Kota Kediri menambahkan bahwa dirinya berterimakasih kepada DPD KNPI Kota Kediri yang telah mengadakan studi banding organisasi ke DPD KNPI Kabupaten Badung.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar, semoga bermanfaat untuk kita semua, terutama program-program peningkatan SDM organisasi, bisa saling melengkapi satu sama lain,” ujarnya.

“Mudah – mudahan kegiatan ini sebagai motivasi untuk kedua pihak saling berbenah dan mengadopsi kegiatan – kegiatan yang positif di tempatnya masing – masing yang sekiranya bisa membantu dalam meningkatkan kinerja organisasi serta meningkatkan peran kepemudaan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.