Muswilub LDII Sumbar, Ketum DPP Tekankan Peningkatan Kerja Sama untuk Bangun SDM Profesional Religius

Kota Padang (20/09). DPW LDII Sumatera Barat menggelar Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) bertajuk “Wujudkan Generasi Unggul Profesional Religius untuk Sumatera Barat Bangkit dan Madani” di Aula Kantor Gubernur, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Senin (19/9).

Dalam sambutannya, Pj Ketua DPW LDII Sumbar H. Afrizal Yaman mengatakan, Muswilub ini merupakan manifestasi dari usulan dan saran yang berkembang dalam Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) pada Maret lalu. “Alhamdulillah, Muswilub dapat dilaksanakan hari ini di Aula Kantor Gubernur Sumbar. Tujuan Muswilub ini menyampaikan pertanggungjawaban pengurus lama serta memilih ketua dan kepengurusan yang baru masa bakti 2022-2027. Selain itu, LDII Sumbar akan menyusun dan menetapkan kembali program kerja lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Afrizal berharap, kepengurusan yang baru dapat melanjutkan program kerja kepengurusan yang lama dan meningkatkan kerjasama dengan semua pihak membangun Sumbar. “Kami berharap LDII Sumbar dapat berkontribusi serta merekomendasikan pendukung kemajuan Sumatera Barat kedepannya,” ujar Afrizal.

Sementara itu, Ketua Umum DPP LDII KH. Chriswanto Santoso dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Pj Ketua dan pengurus LDII Sumbar yang telah berhasil melaksanakan Muswilub dalam tenggat waktu yang telah disepakati saat Rapimwil lalu. “Muswilub merupakan sebuah proses yang biasa dilakukan sebuah organisasi. Secara organisatoris kekosongan tampuk jabatan Ketua DPW LDII Sumbar M. Ari Sultoni yang dipindahtugaskan menjadi Hakim AdHoc Tipikor di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, menjadi landasan perlunya menyelenggarakan Muswilub,” ujar Chriswanto

Menurut KH.Chriswanto, tema yang diangkat dalam Muswilub sangat tepat dan sesuai dengan keadaan terkini di Sumatera Barat, “Saya melihat LDII Sumbar mengangkat tema yang sangat relevan dengan visi misi masyarakat Sumbar, yaitu mewujudkan masyarakat unggul, madani dan berdaya saing,” tutur Chriswanto.

Sementara itu, mewakili Gubernur Sumbar, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Sumatera Barat, Elsanra Eka Putra dalam sambutannya mengungkapkan, LDII agar lebih banyak lagi berkontribusi terhadap Sumatera Barat. “LDII sudah memasuki usia emas, dengan warganya yang sangat banyak tersebar di seluruh nusantara, harapan saya kontribusi dan pengabdian LDII tidak hanya di tingkat pusat, namun juga dapat dirasakan masyarakat Sumbar,” ujarnya.

Elsanra menambahkan, setelah dilaksanakannya Muswilub, LDII Sumbar perlu segera melakukan konsolidasi organisasi guna memunculkan semangat kerjasama membangun negeri. “Seperti yang dikatakan oleh Ketum DPP LDII,” ungkapnya.

Dalam Rapat Paripurna Muswilub LDII Sumbar itu menetapkan secara aklamasi H. Afrizal Yaman sebagai Ketua LDII Sumbar masa bakti 2022-2027. Secara bulat 16 perwakilan DPD kota dan Kabupaten se-Sumbar bersepakat memilih Afizal Yaman.

“Sungguh ini amanah yang besar dan harus saya jalankan bersama-sama semua pengurus DPW, DPD, PC dan PAC LDII se-Sumbar. Saya tidak akan mampu berjalan seorang diri, arahan bimbingan dewan penasihat, serta seluruh pihak. Keberadaan LDII Sumbar hari ini ada berkat kerja keras semua elemen di tubuh LDII Sumbar, termasuk di periode sebelumnya. Amal sholeh ini ini belum selesai dan akan diteruskan dengan semangat fastabiqul khairat,” ungkapnya.

Afrizal berpesan amanah yang diberikan oleh pengurus DPD LDII se-Sumbar, menjadi landasan untuk mengaktifkan kembali sektor-sektor yang masih stagnan dikarenakan pandemi Covid-19. “Saya berharap, kepengurusan baru yang sudah sama-sama dilantik, dapat meningkatkan kontribusi dan pengabdian LDII ke seluruh pelosok Sumatera Barat dalam lima tahun kedepan, panji-panji LDII harus berkibar,” ujar Afrizal.

Pada upacara penutupan, Ketua Umum DPP LDII KH.Chriswanto Santoso mengapresiasi kepada seluruh kader LDII di Sumatera Barat. Ia meyakini, apa yang telah diperlihatkan hari ini membuktikan keseriusan pengurus LDII untuk berkiprah membawa nama organisasi lima tahun ke depan.

“Saudara-saudara sekalian, apa yang dipertontonkan hari ini saya saksikan sebagai sebuah jaminan bahwa insya Allah kinerja pengurus LDII kedepannya akan jauh lebih baik lagi. Sebab Muswilub dilaksanakan tanpa harus ada perdebatan yang terlalu tajam, semua berjalan mulus, demokratis sehingga dapat bermusyawarah mufakat,” ujarnya.

Ia berpesan, pengurus LDII Sumbar terus menjaga kekompakan, kerukunan, kerja keras dan menjalin komunikasi yang baik. Selanjutnya, LDII Sumbar perlu juga mencetak kader muda LDII untuk melanjutkan tongkat estafet kepengurusan di waktu mendatang. (Nisa/Lines)

Leave a Reply

Your email address will not be published.